Kamis, 14 April 2016

Service Kulkas Area Sidoarjo

Kulkas merupakan elektronik yang paling sangat dibutuhkan dalam kalangan rumah tangga. Umumnya kulkas digunakan untuk menyimpan makan dan minuman supaya awet dan tidak cepat basi. Secara umum kukas memiliki 9 komponen yang memiliki fungsi masing-masing diantaranya :

1. Kompresor, merupakan unsur terpenting yang berfungsi untuk memompa bahan pendingin ke seluruh bagian.

2. Kondensor, berfungsi sebagai alat penukar kalor dalam proses perubahan wujud gas bahan pendingin, yang pada suhu dan tekanan tinggi diubah menjadi wujud cair.

3. Filter, yang berfungsi sebagai penyaring kotoran yang mungkin terbawa masuk aliran pendingin ke kulkas setelah proses sirkulasi.

4. Evaporator, memiliki fungsi untuk menyerap kalor dari benda yang dimasukkan, kalor yang sudah terhisap akan mendinginkan bahan makanan itu.

5. Thermostat, berperan sebagai pengatur kerja kompresor secara otomatis berdasar pada batasan suhu di setiap bagian kulkas.

6. Heater, berguna untuk mencairkan bunga es yang terbentuk di dalam evaporator.

7. Fan Motor, digunakan untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator ke seluruh bagian kulkas dan mendorong udara melalui kompresor.

8. Overload Motor Protector, berguna sebagai pelindung komponen #listrik dari kerusakan apabila arus listrik yang dihasilkan kompresor melebihi normal.

9. Bahan Pendingin (Refrigerant), berwujud sebagai zat yang mudah diubah bentuknya dari wujud gas menjadi wujud cair, atau sebaliknya.

Lalu bagaimanakah cara kerja kulkas? Berikut ulasannya.

CARA KERJA KULKAS

Semua berawal dari Hukum Termodinamika. Hukum Termodinamika berlaku untuk prinsip kerja lemari es. Seperti yang kita ketahui, energi panas selalu bergerak menuju ke daerah yang lebih dingin. Bagaimana lemari es bisa melakukan hal yang sebaliknya? Mengalirkan energi panas dari dalam ke udara yang lebih hangat di luar?

Meskipun memiliki cara kerja yang berlawanan, prinsip kerja lemari es masih berhubungan erat dengan hukum perpindahan kalor. Sebuah lemari es harus melakukan tugas untuk membalikkan arah normal aliran energi panas. Tugas itu melibatkan penggunaan energi yang bertujuan untuk memindahkan sesuatu, dan untuk melakukannya sebuah lemari es membutuhkan energi. Dalam kasus ini, energi itu disediakan oleh listrik.

Kunci proses kulkas dan sistem pendingin lain agar dapat bekerja terdapat pada refrigeran. Refrigeran ialah zat semacam Freon yang bertitik didih rendah sehingga dapat memfasilitasi perubahan bentuk antara cair dan #gas. Sebagai cairan, refrigeran berperan dalam penyerapan energi panas dari udara dingin di dalam lemari es untuk diubah menjadi gas.

Jadi pertama-tama, energi panas ditransfer ke dalam lemari es untuk menjadi cairan dingin yang melewati sebuah mesin evaporator. Lalu referigeran, yang sudah dibahas sebelumnya, menyerap energi panas agar menjadi lebih hangat lalu akhirnya berubah bentuk menjadi gas. Gas yang terbentuk sebelumnya, dialirkan melalui compressor agar cairan pendingin memiliki temperatur yang lebih tinggi.

Refrigeran dengan suhu yang lebih tinggi tersebut selanjutnya mengalir melalui kondensor, dimana terjadi transfer energi panas ke kumparan pendingin kondensor. Akhirnya, refrigeran tersebut kehilangan energi panasnya dan berubah menjadi energi dingin kembali, serta mengalami peristiwa kondensasi menjadi cairan.

Selanjutnya refrigeran masuk ke tabung Ekspansi, dimana merupakan tempat yang memiliki ruangan untuk menyebarkan cairan keluar dalam rangka menurunkan suhu menjadi lebih rendah. Cairan dingin hasil refrigeran tersebut kemudian mengalir kembali ke evaporator. Selanjutnya siklus itu kembali berulang.

Semoga Informasi yang kami infokan bermanfaat untuk anda.

Ngomong-ngomong soal kulkas, bila anda membutuhkas jasa perbaikan/service kulkas silahkan langsung saja hubungi CV Anugerah Teknik Abadi tempat yang pas dan cocok untuk memberikan solusi perbaikan kulkas anda. Karena kami ahlinya dibidang jasa service kulkas dan elektronik lainnya seperti mesin cuci top loading, mesin cuci front loading, water heater, cold storage, oven, microwave, ice maker, dispenser, ice cream, kipas angin, cctv, ac split, ac floorstanding, tv, freezer box, freezer kulkas, dll. Kami memberikan garansi selama 1 bulan dengan kerusakan yang sama.

Bila anda ingin menggunakan jasa Service Kulkas Area Sidoarjo kami silahkan hubungi :
Kantor Pusat : CV ANUGERAH TEKNIK ABADI
Alamat           : Jl. Wonorejo 3/120 Surabaya
Telp               : 0315461679
Telkomsel      : 081230032650/ 082234555258
Axis               : 083830316070
Indosat          : 085731878500
Pin BBM        : 5ED1DCF3
  WA              :  082234555258

Area pengerjaan service kulkas kami mencangkup wilayah Surabaya Timur, Surabaya Selatan, Surabaya Pusat, Surabaya Barat, Surabaya Utara, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bangil, Pasuruan, Krian, dan area jawa timur.

Terima kasih untuk anda yang telah menggunakan jasa kami. Karena kepuasan anda adalah prestasi bagi kami.

Catatan :
Bila anda menggunakan jasa kami, Sebaiknya anda langsung menghubungi kantor pada nomor yang sudah tertera di blog/website kami. Dan apabila terdapat kecurangan seperti memberikan nomor telfon pribadi (Teknisi) kepada Customer tanpa sepengetahuan dari pihak kantor, hendaknya menolak/melaporkannya kepada kami. Apabila tidak, maka yang mengalami kerugian adalah anda sendiri dan kami pihak kantor tidak akan bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar