Senin, 05 September 2016

Ciri-Ciri Kulkas Keadaan Normal

Kulkas merupakan produk electronik pendingin yang kebanyakan digunakan oleh kalangan rumah tangga. Biasanya juga kulkas bisa dimanfaatkan untuk pertokoan. Kini banyak sekali perusahaan-perusahaan kulkas semakin canggih untuk memproduksi sebuah kulkas yang dikemas secara modern. Namun usia kulkas bisa saja lama atau sebentar tergantung dari cara perawatannya. Jika kita malas untuk merawat kulkas, tentunya kulkas akan rawan rusak. Solusinya untuk mengecek apakah kulkas anda masih dalam keadaan normal atau mengalami gejala kerusakan kenali ciri-ciri kulkas keadaan normal berikut ini.

1. Pembentukan embun diluar lemari es 
Pembekuan pada refrigerator (lemari es, kulkas) kadang-kadang terbentuk di luar lemari es ketikan hujan atau uap. Ini terjadi bila embun di udara menyelimuti permukaan yang dingin dari lemari es itu. Kejadian ini terjadi bila pegembunan di luar sangat tinggi. Solusinya bersihkan permukaan kulkas dengan handuk kering.

2. Sisi medan (sisi pintu) lemari es/kulkas hangat
Pemanasan pipa (condensor) di instal di luar kompartemen lemari es pendinginan dan di dalam penyekatan plat antara lemari es dan pendinginan kompartemen untuk mencegah pembekuan. Oleh karena itu kita akan merasakan hangat jika kita berdiri di dekat lemari es terutama pada saat musim panas. Ini merupakan fenomena yang normal terjadi pada lemari pendingin.

3. Cracking sounds ("click")
Cracking sounds akan terjadi pada saat part refrigerator memulai atau mengkerut, atau komponen defrost beroperasi. Hal ini juga akan terjadi saat relay yang mengontrol operasi kompresor dan kipas. Pembuka dan penutup pintu, kipas udara akan "ON" dan "OFF" pada saat pintu terbuka dan tertutup. Dan ini juga merupakan hal yang normal terjadi.

4. Embun terbentuk di dalam lemari es
Embun dan pembekuan di dalam lemari es yang terjadi di (dalam) suatu area penguapan, pintu dinuka pada waktu yang lama, atau pada saat makanan basah disimpan tanpa penutup. Seka-lah embun dengan anduk kering.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri kulkas keadaan normal semoga bermanfaat untuk anda. Kenali juga gejala-gejala kulkas/lemari es supaya tidak menyesal dikemudian hari. Bila butuh tukang service kulkas segera hubungi disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar