Senin, 31 Oktober 2016

Fungsi Thermostat Pada Kulkas dan Cara Kerjanya

Thermostat Kulkas
Untuk menyimpan makanan agar bisa digunakan dalam beberapa hari ke depan, tentu Anda memakai mesin pendingin sejenis kulkas bukan. Namun, apakah Anda tahu ada satu komponen yang berfungsi sebagai otomatis pengatur suhu dalam ruangan kulkas tersebut.

Kalau pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan cara kerja kulkas dan bagian-bagiannya, kali ini akan coba saya jelaskan salah satu dari komponen kulkas juga yaitu Thermostat. Apa itu dan bagaimana cara kerjanya ? Langsung saja mari kita simak bersama berikut ulasannya.

Pengertian dan Fungsi Thermostat Pada Kulkas
Thermostat adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai pengatur temperature suhu pada kulkas. Ini juga bisa sabagai otomatis yang mengatur kapan mesin kapan bekerja dan kapan akan mati (stundby). Semua jenis pendingin biasanya juga menggunakan Thermostat untuk mengatur suhu. Seperti pada AC juga ada, atau yang sering kita sebut Thermistor.

Jadi, apabila temperature didalam kulkas sudah mencapai sesuai yang kita setting, maka thermostat ini akan memutus arus listrik yang ke mesin untuk stunby. Dan jika suhu temperature sudah mulai naik kembali, maka mesin akan nyala dan mendinginkan ruangan kulkas, begitu juga seterusnya.

Bagaimana cara kerja thermostat tersebut ?
Thermostat disini memanfaatkan sensor yang di dalamnya terdapat gas yang bisa berubah apabila di dinginkan. Jika sensor berada pada lingkungan yang bersuhu rendah, maka gas yang ada di dalamnya akan menurun tekanannya. Perubahan tersebut yang menyebabkan kontak switch yaitu dari status keadaan tertutup menjadi terbuka. Semakin turun suhu yang mengenai sensor, maka semakin turun nilai tekanan gas didalamnya. Untuk memberi batasan pada tekanan berapakan kontak switch akan berubah, thermostat menggunakan sebuah knop. Dalam kata lain, perubahan kontak thermostat tersebut dapat disetting sesuai dengan kebutuhan kita.

Biasanya pada knop terdapat angka 1,2,3,4,5. Semakin tinggi angkanya, maka semakin rendah temperature yang dibutuh untuk membuka kontak switch. Jadi, jika kita ingin mengatur kulkas pada suhu yang paling dingin, harus ke angka yang paling tinggi, jangan sebaliknya. Yang pastinya mesin kompresor tidak hidup dan kulkas tidak dingin, ini disebabkan karena tidak ada arus listrik ke mesin. Karena system kelistrikan pada kulkas saling berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya. Dan bila dilangsungkan yaitu tidak memakai thermostat, mesin akan nyala terus tidak bisa standby dan ini bisa mengakibatkan mesin cepat rusak / jebol.

Nah.. bagi anda yang belum tau bagaimana cara menyetel/mensetting thermostat kulkas tidak perlu khawatir lagi karena saya akan membaasnya disini. Simak yuk penjelasannya !!!

Cara menyetel thermostat kulkas
Menyetel thermostat selain memutar pada setelan thermostat masih ada lagi setelan yang khusus buat menambah lama dan cepatnya berdasarkan suhu, hal ini biasanya dilakukan pada saat pergantian thermostat baru.

Mengapa demikian.......?
Pada pengantian thermostat baru biasanya kita mendapatkan thermostat yang tidak sesuai dengan suhu yang sesungguhnya, yaitu suhu dimana pada suatu pendingin dibutuhkan suhu dibawah 0°.
Penyetelan ulang pada thermostat ini berguna untuk menyetel putaran suhu agar sesuai dengan apa yang diharapkan

Cara menyetel ulang thermostat
Pada kesempatan ini, saya akan memberikan cara menyetel ulang thermostat pada saat penggantian thermostat yang baru.
Mengapa demikian....? Pada saat kita mengganti thermostat kulkas, freezer atau showcase, mungkin kita sering kali mendapatkan thermostat yang tidak sesuai dengan setelan suhu yang diharapkan. Adakalanya kita menjumpai thermostat pada setelan maksimal, tetapi pada saat suhu belum tercapai thermostat sudah memutuskan arus. Hal ini mungkin anda belum tahu cara menyetel thermostat agar sesuai dengan yang diharapkan.

Menyetel Thermostat kurang dingin / tidak dingin

Menyetel thermostat yg kurang dingin padahal setelan suhu sudah maksimal yaitu dengan cara memutar baut ring suhu berlawanan arah jarum jam. Putarlah baut ring blub dengan setengah putaran lalu tunggu hasilnya, kalau masih belum pas, silahkan putar setengah lingkaran kembali arah berlawanan jarum jam.

Menyetel Thermostat yang terlalu dingin
Menyetel thermostat yang terlalu dingin dengan cara kebalikan dengan cara diatas, yaitu dengan cara memutar arah jarum jam setengah lingkaran pada baut ring blub suhu. Tunggu hasilnya dahulu, bila belum pas sesuai dengan yang diharapkan. Silahkan putar kembali searah jarum jam sebanyah setengah lingkaran.

Menyetel Thermostat untuk memperpanjang lama waktu  compressor hidup kembali.
Cara menyetel thermostat agar compresor tidak cepat hidup kembali dengan cara memutar baut yang letaknya di dekat pin soket thermostat. Waktu jeda compresor hidup kembali normalnya sekitar 10 menit sampai 15 menit. Hal ini untuk memberikan waktu agar tekanan gas refrigrant kembali seimbang agar mesin compresor pada saat hidup kerjanya tidak terlalu berat.

Demikian ulasan mengenai fungsi thermostat pada kulkas dan cara kerjanya semoga bermanfaat. Bila anda membutuhkan jasa service kulkas segera hubungi :
CV. Anugerah Teknik Abadi
Jl. Wonorejo 3/120 Surabaya
0315461679/081230032651/083830946375/085731878500
D34D2FE0 (BBM)
082234555258 (Whatsapp)
cvatasurabaya@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar