Selasa, 22 November 2016

Fungsi Dan Cara Kerja Heater Kulkas

Pembahasan kita kali ini masih komponen yang ada pada kulkas, agar kita semua tahu alat apa saja yang dipakai dalam unit kulkas sehingga bisa untuk menyimpan makanan dan tidak busuk dalam beberapa waktu.

Kalau pada artikel sebelumnya sudah pernah kita bahas tentang komponen-komponen kulkas, maka pada artikel kali ini akan coba saya jelaskan mengenai fungsi heater kulkas, dan bagaimana cara kerjanya.

Fungsi Heater Pada Kulkas
Fuse Heater atau defrost panas adalah suatu alat yang berfungsi untuk mencairkan bunga es pada evaporator dengan cara dipanaskan. Komponen ini sejenis dengan elemen, yaitu sumber panas yang di hasilkan dari kawat yang mempunyai tahanan listrik tinggi.

Agar body dalam kulkas tidak meleleh saat fuse heater bekerja, maka fuse heater tersebut dibalut dengan kaca khusus dan tertutup rapat. Selain untuk mencegah terbakarnya body kulkas, ini juga berguna agar fuse defrost panas tidak terkena air secara langsung. Karena apabila sampai terkena air secara langsung, kemungkinan bisa mengakibatkan terjadi konsleting listrik.

Fuse Heater pada kulkas biasanya diletakan didalam kulkas bagian atas, dibawah evaporator. Ini berfungsi supaya seluruh bunga es pada evaporator bisa mencair mulai dari atas sampai bawah. Kemudian agar air bekas bunga es tersebut tidak menggenangi ruangan dalam kulkas, maka langsung akan dibuang melalui saluran pembuangan begitu bunga es mencair.

Bagaimana bunga es tersebut mencair dan kapan ini akan berlangsung ?
Pada saat mesin kompresor bekerja dengan baik, maka akan terjadi bunga es pada evaporator. Setelah berlangsung beberapa lama ruangan kulkas akan dingin, dan bunga es tersebut jadi semakin banyak dan mengumpal seperti layaknya es batu. Kemudian setelah temperature kulkas mencapai suhu yang ditentukan, maka timer akan memutus arus listrik dari kompresor, kemudian berganti mengirimkan aliran listrik ke Fuse Heater untuk bekerja yaitu mencairkan bunga-bunga es tersebut.

Alat heater ini hanya terdapat pada kulkas 2 pintu, dan tidak akan kita temui pada kulkas 1 pintu. Oleh sebab itu kita sering menjumpai bunga es yang cukup banyak pada kulkas 1 pintu, karena ya memang tidak adanya heater yang menghancurkan bunga es tersebut.

Lalu bagaimana kalau kulkas 1 pintu kita kasih heater biar tidak ada bunga es ya ?
Oke..jawabannya tentu tidak bisa ya. Karena system kelistrikan kulkas 1 pintu dengan kulkas 2 pintu berbeda. Selain itu kulkas 1 pintu hanya terdapat 1 ruangan, bisa-bisa nanti kulkasnya jadi tidak dingin. Sedangkan kulkas 1 pintu memakai alat yang bernama Thermostat untuk mengatur temperature suhu sekaligus supaya bunga es tidak terlalu banyak.

Ukuran Heater ini sekitar 120-150 Watt. Oleh sebab itu kenapa kulkas 2 pintu watt listriknya lebih banyak daripada kulkas 1 pintu. Karena komponen pada kulkas yang mempunyai 2 pintu lebih banyak dan mempunyai watt listrik sendiri.

Itulah sekilas pembahasan kita mengenai fungsi dan cara kerja heater kulkas. Semoga bermanfaat untuk anda!! bila membutuhkan jasa service kulkas segera hubungi kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar